Kamis, 21 Januari 2010

ANALISIS HUBUNGAN FREKUENSI PENGANGKUTAN DENGAN VOLUME PENJUALAN PADA PT GERVEN CARGO TAHUN 2007-2008

ANALISIS HUBUNGAN FREKUENSI PENGANGKUTAN DENGAN VOLUME PENJUALAN PADA PT GERVEN CARGO TAHUN 2007-2008




PROPOSAL SKRIPSI

OLEH :

GERRY ISAAC FERNANDO SAGALA

NIM : 224206048



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPOR TRISAKTI

JAKARTA

2008



BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Masalah

    Keberhasilan pembangunan ekonomi suatu Negara tidak bisa dilepaskan dari baiknya sistem transportasi di Negara tersebut, Pengangkutan yang merupakan inti dari transportasi menjadi faktor penentu keberhasilan itu. Pengangkutan yang efektif dan efisien menjadi nilai tambah tersendiri bagi perusahaan jasa pengangkutan barang. Efektif berarti pengangkutan tepat guna, tepat sasaran ( place ), dan tepat waktu. Efisien berarti system pengangkutan harus dilakukan dengan biaya seefisien mungkin dengan tidak mengabaikan faktor-faktor lain yang mempengaruhi kelancaran pengangkutan untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu keuntungan.

    Pengangkutan dalam transportasi terdiri dari pengangkutan orang dan pengangkutan barang. Dalam penelitian ini saya akan membahas pengangkutan barang dan perusahaan pengangkutan barang yang akan saya teliti adalah PT Gerven Cargo.

    Bagi perusahaan pengangkutan barang seperti PT Gerven Cargo didalam melaksanakan kegiatan operasinya perlu mempersiapkan armada-armada yang akan dioperasikan yang kita kenal dengan istilah Armada Siap Guna Operasi ( SGO ) sehingga pada akhirnya dapat menghasilkan armada yang handal dan mampu beroperasi sesuai kebutuhan atau disebut juga Armada Siap Operasi ( SO ). Untuk mengelola semua ini dibutuhkan suatu system organisasi pengangkutan yang baik dan terstruktur untuk mengangkut barang sebanyak-banyaknya ( volume penjualan dalam ton ) dan mendapatkan pendapatan maksimal.

    Demikian halnya yang dilakukan PT Gerven Cargo dalam melakukan perencanaan strategis untuk mengatur frekuensi pengangkutan. Perencanaan strategis yang tepat dan konsisten diperlukan untuk mewujudkan tujuan perusahaan disamping peranan fungsi-fungsi lain didalam perusahaan yang semua ini diwujudkan dalam perencanaan pemasaran yang konkret.

    Manajemen dalam organisasi pengangkutan seperti PT Gerven Cargo harus mampu mengendalikan segala bentuk peluang dan hambatan dalam kegiatan pengangkutan barang khususnya mengatur frekuensi pengangkutan yang ideal agar tercipta volume penjualan ( dalam ton ) yang maksimal. Indikatornya dapat diukur dalam aplikasi kegiatan pemasaran perusahaan. Dengan diketahuinya gambaran permintaan masyarakat akan jasa pengangkutan barang, maka departemen pemasaran PT Gerven Cargo akan menyiapkan armada pengangkutan sesuai kebutuhan agar barang yang diangkut sampai ditempat tujuan dengan tidak mengurangi time utility dan place utility dari barang tersebut. Time utility berbicara barang yang dikonsumsi tepat pada waktunya dan place utility berbicara suatu tempat dimana barang itu memiliki nilai yang lebih tinggi dari tempat asalnya.

    Berdasarkan masalah-masalah tersebut diatas, saya tertarik untuk meneliti dan menulis skripsi dengan judul “ ANALISIS HUBUNGAN FREKUENSI PENGANGKUTAN DENGAN VOLUME PENJUALAN PADA PT DERVRN CARGO TAHUN 2007-2008 “.

  1. Perumusan Masalah

    1. Identifikasi Masalah

      Berdasarkan judul penelitian diatas yang dilakukan di PT Gerven Cargo maka yang menjadi identifikasi masalah, adalah :

    1. Besarnya biaya pengangkutan
    2. Waktu pengiriman barang yang lama
    3. Jumlah armada yang kurang memadai

    1. Batasan Masalah

      Berdasarkan identifikasi masalah saya membatasi penelitian pada analisis hubungan frekuensi pengangkutan dengan volume penjualan pada PT Gerven Cargo Tahun 2007-2008.

    1. Pokok Masalah

      Yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah :

    1. Berapa frekuensi pengangkutan pada PT Gerven Cargo ?
    2. Berapa volume penjualan pada PT Gerven Cargo ?
    3. Apakah terdapat hubungan antara frekuensi pengangkutan dengan volume penjualan pada PT Gerven Cargo ?

  1. Tujuan dan Manfaat penelitian

    1. Tujuan Penelitian

      Penelitian ini dilakukan dengan tujuan :

      1. Untuk mengetahui frekuensi pengangkutan pada PT Gerven Cargo
      2. Untuk mengetahui volume penjualan pada PT Gerven Cargo
      3. Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara frekuensi pengangkutan dengan volume penjualan pada PT Gerven Cargo

    1. Manfaat penelitian
      1. Bagi Peneliti

        Untuk menambah pengetahuan dan pandangan yang lebih luas mengenai hubungan biaya pengangkutan dengan volume penjualan pada PT Gerven Cargo periode 2007-2008.

      1. Bagi Perusahaan

        Penelitian ini dapat dijadikan masukan didalam menganalisis setiap persoalan yang ada didalam perusahaan dan dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan serta pengembangan pemasaran jasa pengangkutan barang pada PT Gerven Cargo.

      1. Bagi STMT TRISAKTI

        Penelitian ini dapat dijadikan sebagai informasi tambahan & pengetahuan mengenai kegiatan sebuah perusahaan pengangkutan barang khususnya hubungan frekuensi pengangkutan dengan volume penjualan pada perusahaan jasa pengangkutan barang.




  1. Metodologi Penelitian

    1. Jenis dan Sumber data
      1. Jenis data

        Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data kuantitatif yaitu data frekuensi pengangkutan periode 2007-2008 dan data volume penjualan periode 2007-2008.

      1. Sumber data

        Sumber data diperoleh dari hasil penelitian lapangan untuk mendapatkan data primer dan sekunder.

    1. Teknik Pengumpulan Data

      Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara :

      1. Pengamatan secara langsung ( observasi ), metode pengumpulan data dengan mengamati langsung obyek yang diteliti.
      2. Wawancara, metode pengumpulan data dengan cara memberikan pertanyaan lisan kepada subyek penelitian dalam hal ini pihak yang berwenang didalam perusahaan yang diteliti, PT Gerven Cargo.

    1. Metode Analisis Data

      Penulis menganalisis hubungan frekuensi pengangkutan dengan volume penjualan pada PT Gerven Cargo periode 2007-2008 dengan menggunakan metode statisik.

      1. Persamaan Garis Regresi

        Digunakan untuk mencari hubungan proporsional antara frekuensi pengangkutan dengan volume penjualan. Adapun persamaan garis regresi menurut Sugiyono ( 2007, 244-255 ) :

        Y = a + bX

        a = ∑Y _ b. ∑X

        n n

b = n ( ∑XY ) – ( ∑X ) ( ∑Y )

n ( ∑X² ) - ∑ ( X )²

Dimana :

Y = Variabel terikat ( volume penjualan )

X = Variabel bebas ( frekuensi pengangkutan )

a = Bilangan tetap

b = Koefisien regresi

n = Jumlah sampel

b. Analisis koefisien Korelasi

        Merupakan suatu metode statistik yang digunakan untuk mengetahui

        Kuat tidaknya derajat hubungan garis lurus ( linear ) antara dua variabel atau lebih, nilai koefisien ini menurut Sugiyono (2007 : 250)

        dinyatakan paling sedikit -1 dan paling banyak +1 jika dibuat persamaannya, dapat dinyatakan sebagai berikut : -1 <>

      1. Jika r = -1, maka hubungan antara kedua variable itu dinyatakan sangat kuat negatif.
      2. Jika r = +1, maka hubungan antara kedua variable tersebut dinyatakan sangat kuat posotif.
      3. Jika r = 0 atau mendekati 0, maka tidak ada hubungan antara kedua variabel atau hubungan sangat lemah.

        Rumus :

      r = n∑XY. ∑X.∑Y

    √{ n∑X²-(∑X)²} √{n∑Y²-(∑Y)²}

    Keterangan :

    r = Koefisien korelasi X dan Y

    n = Jumlah sample

    X= Variabel Independen ( frekuensi pengangkutan )

    Y= Variabel Dependen ( volume penjualan )

        c.Koefisien penentu (KP)

        Digunakan untuk mengetahui seberapa besar koefisien kontribusi atau pengaruh dari variabel X terhadap naik turunnya variabel Y. Adapun rumus yang digunakan menurut J. Supranto ( 2007 : 146 ) :

        Kp = r² x 100%

        Keterangan :

        Kp = Koefisien penentu

        r = Koefisien korelasi X dan Y

        d.Uji hipotesis

        Hipotesis adalah hasil sementara suatu penelitian yang perlu diuji kebenarannya.

        Taraf nyata α = 0,05 dan df = n-2

        Rumus :

        thitung = r √n-2

      √1 - r²

      Keterangan :

      thitung = Hasil perhitungan

      rhitung = Koefisien korelasi X ( frekuensi pengangkutan ) dan Y ( volume penjualan )

      nhitung = Jumlah sampel

      Perumusan hipotesis menggunakan ρ ( rho ) yaitu nilai koefisien korelasi sebenarnya.

      Ho : ρ = 0, artinya tidak ada hubungan antara X dan Y (hubungan tidak signifikan)

      Ho : ρ ≠ 0, artinya ada hubungan antara X dan Y (hubungan yang signifikan)

      Jika thitung dianalisa ± ttabel (thitung < ttabel), maka Ho diterima, hubungan X dan Y tidak signifikan.

      Jika thitung berada diluar ± ttabel (thitung > ttabel), maka Ho ditolak, hubungan X dan Y signifikan.

  1. Sistematika Penulisan

    Materi skripsi yang dibahas ini dibagi 5 ( lima ) bab, dengan sistematika penulisan sebagai berikut :

    BAB I PENDAHULUAN

      Bab ini menjelaskan tentang bahasan utama yang menguraikan latar belakang permasalahan, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, hipotesis, metologi penelitian, dan sistematika penulisan.

      BAB II LANDASAN TEORI

      Bab ini memberikan uraian tentang variabel penelitian yaitu pengertian dan istilah – istilah dalam pemasaran, transportasi, pengangkutan, hubungan antara frekuensi pengangkutan dengan volume penjualan.

      BAB III GAMBARAN UMUM PT GERVEN CARGO

      BAB IV ANALISIS PEMBAHASAN

      BAB V PENUTUP

      Pada bab ini penulis memberi kesimpulan mengenai keseluruhan penelitian dan saran – saran kepada PT Gerven Cargo yang dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.


KATA PENGANTAR

    Tiada kata lain yang dapat menggantikan kata terima kasih dan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Mahabesar atas semua anugrah dan kasih yang tiada henti Ia berikan didalam hidup saya. Seperti aliran darah yang terus berputar didalam tubuh saya, seperti itukah kasih-Nya kepada saya. Kasih-Nya berupa ide, pemikiran, dan inspirasi yang saya jadikan dasar dalam menyelesaikan skripsi ini yang berjudul “ Hubungan Frekuensi Pengangkutan dengan Volume Penjualan Pada PT Gerven Cargo Tahun 2007-2008 “. Skripsi ini diajukan kepada Program Strata I, STMT Trisakti Jakarta. Tujuan penulisan skripsi ini adalah sebagai syarat kelulusan program studi strata I, jurusan manajemen transport darat.

    Rasa terima kasih juga saya ucapkan kepada semua pihak yang turut membantu dalam proses penyelesaian skripsi ini. Diantaranya Bapak Osman Arofat selaku dosen pembimbin mata kuliah seminar, kedua orang tua saya, dan kepada pihak lain yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu.

    Adapun harapan saya agar skripsi ini dapat bermanfaat begi kita semua dan pihak yang membacanya dapat mengerti tentang hubungan frekuensi pengangkutan dengan volume penjualan pada perusahaan pengangkutan barang. Salam sejahtera. Tuhan berkati.

    Jakarta,

    Salam dari penulis,

    Gerry Isaac Fernando Sagala

    DAFTAR PUSTAKA

    Sugiono. 2007. “ Teori Ekonomi “. Jakarta : Pustaka Primatama

    Supranto, J. 2007. “ Metode Analisis Data “. Jakarta : Pustaka primatama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar