Selasa, 26 Januari 2010

ANALISIS HUBUNGAN JUMLAH ARMADA ANTAR KOTA DALAM PROPINSI YANG BEROPERASI TERHADAP JUMLAH PENUMPANG YANG DIANGKUT DITERMINAL PULOGADUNG TAHUN 08 - 09

    ANALISIS HUBUNGAN JUMLAH ARMADA ANTAR KOTA DALAM PROPINSI (AKDP) YANG BEROPERASI TERHADAP JUMLAH PENUMPANG YANG DIANGKUT DI TERMINAL PULOGADUNG TAHUN 2008-2009

OLEH :

IWAN HERMAWAN

NIM : 224206027


SEKOLAH TINGGI MENAJEMEN TRANSPORT TRISAKTI

JAKARTA

2009





BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

    Transportasi adalah kemampuan untuk memindahkan manusia dan barang dari suatu tempat ke tempat lain. Kemampuan ini merupakan hal yang sangat penting karena ekonomi modern tidak mungkin terjadi tanpa dukungan tranportasi. Seperti yang kita ketahui bersama transportasi adalah urat nadi dari perekonomian masyarakat. Ini menunjukkan bahwa peran transportasi dalam mengangkut dan memindahkan manusia atau barang adalah merupakan sektor strategis yang tidak boleh dipandang sebelah mata.

    Adapun kegiatan pengangkutan mempunyai peran yang sangat penting dan strategis dalam mendukung, mendorong dan menunjang segala aspek kehidupan dan penghidupan, baik dibidang ekonomi, sosial budaya, politik maupun pertahanan dan keamanan negara. Sistem pengangkutan harus ditata dan terus menerus disempurnakan untuk menjamin mobilitas orang maupun barang dalam rangka menjamin kesejahteraan masyarakat. Di samping itu, dalam upaya menunjang pengembangan wilayah dan memeratakan hasil-hasil pembangunan, pengangkutan dapat berperan sebagai penunjang (pelayanan), pemacu (pendorong), sekaligus pemicu (penggerak), perkembangan.

    Pengangkutan menyandang peran sebagai sebagai penunjang dan pemicu bila angkutan dipandang dari sisi melayani dan meningkatkan pembangunan. Selain itu, angkutan juga melayani dan mendorong berbagai kebutuhan lain, disini angkutan menyandang unsur produksi, karena keberadaan angkutan memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dari berbagai kalangan atas sampai kalangan bawah. Di sisi lain, peran sebagai pemicu disandang bila angkutan dipandang sebagai pembangkit perkembangan diberbagai aspek kehidupan. Dalam hal ini keberadaan adalah pelopor atau perintis atau juga prasyarat terjadinya perkembangan dan pertumbuhan wilayah.

    Mengingat pengangkutan menguasai hajat hidup orang banyak serta sangat penting bagi seluruh masyarakat, maka pembangunan dan pengembangan prasarana dan sarana pengangkutan perlu ditata dan dikembangkan dalam satu sistem terpadu yang meliputi angkutan darat, laut, dan udara. Sistem pengangkutan darat merupakan bagian sub-sistem dari sistem pengangkutan nasional dan merupakan tatanan yang terorganisisr, terdiri atas berbagai moda yang mempunyai wilayah layanan yang sama di daratan.

    Untuk memenuhi semua kebutuhan akan jasa pengangkutan penumpang yang sangat meningkat khusunya transportasi angkutan darat, sebagai angkutan dari ekonomi global secara umum dan pembangunan Indonesia pada khusunya. Maka dari itu Dinas Perhubungan DKI Jakarta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa terminal dan meningkatkan pelayanan terhadap penumpang baik kuantitas maupun kualitas penataan fasilitas kelengkapan terminal pada khususnya diterminal Pulogadung. Dengan demikian guna untuk memenuhi kegiatan tersebut Dinas Perhubungan DKI Jakarta sangat tergantung pada moda angkutan yang tersedia, sistem operasi yang digunakan, pelayanan angkutan terhadap penumpang dan mentaati rambu-rambu lalu lintas demi kelancaran sirkulasi keluar masuknya bus-bus dan calon penumpang. Untuk menjawab tersebut, perlu dilakukan penelitian, agar petugas Dishub yang berada di lapangan mampu menyesuaikan antara keinginan masyarakat disatu pihak. Penelitian yang dimaksud selain untuk mengetahui kondisi saat ini juga untuk proyeksi kebutuhan dimasa depan agar lebih baik lagi dalam penataan angkutan umum di terminal Pulogadung.

    Dengan diketahuinya gambaran permintaan atau kebutuhan masyarakat akan jasa angkutan, maka Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengatur pemberangkatan bus menurut jadwal masuk mauun keluar dari terminal Pulogadung, artinya agar tidak terjadi penumpukan penumpang dan armada bus yang akan berangkat dan juga terminal tidak mengalami kemacetan di dalam area terminal Pulogadung tersebut. Maka dari itu armada yang beroperasi di terminal sangat membawa pengaruh besar terhadap Dinas Perhubungan DKI Jakarta, dimana jumlah armada yang beroperasi sangat mempengaruhi banyaknya orang atau barang yang diangkut.

    Berdasarkan uraian tersebut diatas, penulis mencoba mengetengahkan skripsi ini dengan judul “ ANALISIS HUBUNGAN JUMLAH ARMADA ANTAR KOTA DALAM PROPINSI (AKDP) YANG BEROPERASI TERHADAP JUMLAH PENUMPANG YANG DIANGKUT DI TERMINAL PULOGADUNG TAHUN 2008-2009”.

B. Perumusan Masalah

    Identifikasi Masalah

    Sebagaimana telah diuraikan dalam latar belakang penelitian diatas maka terlihat bahwa faktor dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta dalam mengatur armada yang beroperasi merupakan faktor terpenting dalam proses pencapaian suatu tujuan dari dinas perhubungan.

    Untuk memperjelas pembahasan masalah dalam penelitian ini, penulis mengidentifikasi masalah sebagai berikut :

      Masalah jumlah bus yang beroperasi

      Masalah jumlah penumpang

      Masalah pemberangkatan

      Masalah keamanan di dalam terminal Pulogadung

    Batasan Masalah

    Berdasarkan identifiaksi masalah yang telah dijabarkan di atas, penelitian ini dibatasi pada masalah hubungan antara armada yang beroperasi dengan jumlah penumpang di terminal Pulogadung.

    Pokok Permasalahan

    Salah satu cara untuk mengetahui bagaimana jumlah penumpang dimasa yang akan datang maka penulis mencoba merumuskan permasalahan tersebut sebagai berikut :

      Bagaimanakah perkembangan jumlah armada AKDP yang beroperasi di terminal Pulogadung?

      Bagaimanakah perkembangan jumlah penumpang yang diangkut di terminal Pulogadung?

      Apakah ada hubungan antara jumlah armada AKDP yang beroperasi dengan jumlah penumpang yang diangkut di terminal Pulogadung?

        Tujuan dan Manfaat Penelitian

    Tujuan Penelitian

    Adapun tujuan penelitian yang penulis lakukan adalah sebagai berikut :

    Untuk mengetahui besarnya jumlah armada AKDP yang beroperasi di terminal Pulogadung?

    Untuk mengetahui besarnya jumlah penumpang yang diangkut di terminal Pulogadung?

    Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara jumlah armada AKDP yang beroperasi dengan jumlah penumpang yang diangkut di terminal Pulogadung?

    Manfaat Penelitian

    Bagi Peneliti

    Untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan transportasi darat pada umumnya dan permasalahan yang berkaitan dengan perkembangan jumlah penumpang di terminal Pulogadung pada tiap bulannya. Sekaligus utnuk memenuhi persyaratan akademik di dalam menyelesaikan studi di bidang ilmu manajemen transpor darat pada STMT Trisakti.

    Bagi Dinas Perhubugnan DKI Jakarta

    Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan masukan dalam rangka meningkatkan kelancaran di terminal Pulogadung Khususnya dalam memproyeksikan jumlah penumpang dimasa yang akan datang.

    Bagi Masyarakat Perguruan Tinggi

    Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai informasi tambahan pengetahuan mengenai perkembangan jumlah bus di terminal Pulogadung, serta permasalahan yang mungkin terjadi.

        Hipotesis

    Dalam penelitian ini penulis menggunakan hipotesis yang diduga ada hubungan yang signifikan antara jumlah armada AKDP yang beroperasi dengan jumlah penumpang di terminal Pulogadung.

        Metodologi Penelitian

    Jenis dan Sumber data

    Jenis sumber data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif adalah data tidak berbentuk angka diperoleh dari tulisan-tulisan dan data tertulis dari perusahaan. Data kuantitatif adalah data yang berbentuk angka dan skor dari jawaban angket.

    Sedangkan untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh dengan cara meneliti langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data melalui wawancara, observasi. Data sekunder adalah data yang diperoleh dengan penelitian menggunakan data dokumentasi perusahaan seperti studi kepustakaan, analisis dokumentasi.

    Populasi dan Sampel

    Populasi merupakan jumlah objek data secara keseluruhan atau generalisasi dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh si peneliti untuk dipelajari dan diambil kesimpulannya. Adapun populasi data dalam penelitian ini adalah dengan melihat jumlah armada yang beroperasi terhadap jumlah penumpangnya tersebut.

    Metode Pengumpulan Data

    Dalam menyusun skripsi ini data yang langsung diperoleh penulis dari perusahaan yang menjadi objek penelitian penulis mengumpulkan data dengan cara sebagai berikut :

      Riset Lapangan (Field Research)

      Penelitian lapangan adalah penelitian dengan cara melakukan penelitian langsung ke lapangan yang sering disebut dengan field research dengan menggunakan teknik sebagai berikut :

      Pengamatan secara langsung (observation)

      Teknik pengumpulan data dengan mengamati secara langsung kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan objek penelitian.

      Wawancara (Interview)

      Teknik pengumpulan data secara lisan kepada pihak-pihak secara langsung kepada perusahaan untuk mendapatkan data yang diperlukan.

      Riset Kepustakaan (Library Research)

      Penelitian yang berlangsung di perpustakaan dengan mempelajari tulisan-tulisan, makalah-makalah diktat, kuliah dan lain-lain yang berhubungan dengan objek penelitian.

    Teknik Analisa Data

    Untuk keperluan analisis data akan digunakan pendekatan-pendekatan statistik sebagai berikut :

      Persamaan Garis Regresi Linear :

      Untuk mencari hubungan proporsional antara variable X dan variable Y, digunakan rumus persamaan regresi linear sebagai berikut :

      (J. Supranto 2000 : 174)

      Y = a + bX

      Dimana :

      X = Variabel bebas (jumlah armada AKDP yang beroperasi)

      Y = Variabel terikat (jumlah penumpang yang diangkut)

      a = Bilangan tetap

      b = Koefisien regresi

      Untuk mencari nilai a dan b :

      Your browser may not support display of this image.

      Analisis koefisien korelasi (product moment pearson)

      Suatu metode statistik yang digunakan untuk mengetahuui kuat tidaknya derajat hubungan garis lurus linear antara dua variabel atau lebih. Nilai koefisien korelasi ini paling sedikit -1 dan paling besar +1, jika dibuat persamaannya dapat dinyatakan sebagai berikut :

      -1 <>

      Jika r = - 1, maka hubungan kedua variabel tersebut dinyatakan sangat kuat dan negatrif.

      Jika r = + 1, maka hubungan kedua variabel tersebut dinyatakan sangat kuat dan positif

      Jika r = 0 atau mendekati 0, maka tidak ada hubungan kedua variabel atau hubungan sangat lemah.

        Rumus : Your browser may not support display of this image.

      Dimana :

          r = Koefisien korelasi X dan Y

      n = å Triwulan

          X = Variabel independen (jumlah armada AKDP yang beroperasi)

          Y = Variabel dependen (jumlah penumpang)


          Tabel 1.1

          Pedoman Untuk Memberikan Interpretasi

          Koefisien Korelasi

      IntervalInterpretasi
      0,00 - 0,199

      0,20 - 0,399

      0,40 - 0,599

      0,60 - 0,799

      0,80 - 1.00

      Sangat rendah

      Rendah

      Sedang

      Kuat

      Sangat kuat

    Sumber : Sugiono, (2006 : 183)

      c. Koefisien Penentu (Kp)

      Analisis ini digunakan untuk menentukan besarnya kontribusi variabel X terhadap variabel Y dalam % dengan rumus yang ditulis oleh (J. Supranto, 2000 : 201).

      Kp = (r2) x 100%

      Dimana :

      Kp = Koefisien penentu

      r = Koefisien korelasi X dan Y

      d. Uji Hipotesis

      Uji hipotesis digunakan untuk menguji apakah variabel X variabel Y mempunyai hubungan yang signifikan atau tidak. Pengujian hipotesis adalah suatu prosedur yang memungkinkan untuk mengambil keputusan apakah satu hipotesis diterima atau tidak. Pengujian hipotesis dilakukan dengan cara membandingkan nilai thitung terhadap t tabel.

      Untuk menghitung niai t hitung digunakan rumus sebagai berikut :

      Your browser may not support display of this image. thitung = r Ö n-2

      Ö1 - r2

      Dimana :

      r = Koefisien korelasi X dan Y

      n = Jumlah sampel

      Untuk mendapatkan nilai ttabel digunakan tabel distribusi t pada taraf nyata a = 0,05 dan df = n - 2

      Hipotesis awal

          Ho : r = 0, artinya tidak ada hubungan antara X dan Y (hubungan tidak signifikan)

          Ha : r > 0, artinya ada hubungan antara X dan Y (hubungan signifikan)

      Kesimpulan

      Jika thitung <>tabel maka Ho diterima, artinya hubungan antara variabel X dan Y tidak signifikan.

      Jika thitung > ttabel maka Ho ditolak, artinya hubungan antara variabel X dan Y signifikan.

        Sitematika Penulisan

    Dalam penulisan skripsi ini, penulis akan membagi dalam lima bab, yaitu sebagai berikut :

BAB I : PENDAHULUAN

        Dalam bab ini dijelaskan mengenai latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, hipotesis, metodologi penelitian dan sistematika penulisan skripsi.

BAB II : LANDASAN TEORI

        Dalam bab ini dijelaskan mengenai pengertian transportasi angkutan jalan, pengoperasian armada angkutan jalan, manajemen pengoperasian bus, pengertian dan latar belakang orang atau penumpang melakukan perjalanan dan hubungan jumlah armada AKDP yang dioperasikan terhadap jumlah penumpang yang diangkut.

        BAB III : GAMBARAN UMUM DINAS PERHUBUNGAN DKI JAKARTA

        Dalam bab ini dijelaskan mengenai sejarah singkat DISHUB, bentuk struktur organisasi, tugas wewenang dan tanggung jawab masing-masing lini, perkembangan kegiatan DISHUB.

        BAB IV : Pada bab ini akan dilaporkan hasil analisis perkembangan jumlah bus AKDP yang beroperasi, analisis perkembangan jumlah penumpang yang diangkut dan analisis hubungan antara jumlah armada AKDP yang beroperasi terhadap jumlah penumpang yang diangkut dengan menggunakan rumus-rumus statistik yang tertera pada bab I

        BAB IV : Pada bab ini akan melaporkan kesimpulan hasil analisis dan saran-saran penulis yang mungkin bermanfaat bagi DISHUB DKI JAKARTA dikemudian hari.

1 komentar:

  1. postingan yang menarik, kami juga punya artikel terkait 'Angkutan Kota' silahkan buka link ini
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3315/1/Kommit2004_Sistem_Informasi_006.pdf
    semoga bermanfaat ya

    BalasHapus