Sabtu, 06 Februari 2010

ANALISIS JUMLAH KERETA API TERHADAP JUMLAH PENUMPANG DI STASIUN GAMBIR TAHUN 2008

Nama : Achmad Reza Abduh

NIM : 2242.06.053



ANALISIS JUMLAH KERETA API TERHADAP JUMLAH PENUMPANG DI STASIUN GAMBIR TAHUN 2008


Pada zaman modern seperti sekarang ini peran transportasi sangat di butuhkan, terlebih lagi di kota besar seperti jakarta. Salah satunya adalah transportasi darat yaitu Kereta Api. Pelayanan Kereta api telah banyak berkembang seperti pelayanan tiket online membuat pemesanan lebih mudah bagi pemakai jasa transportasi ini.serta menjadi solusi untuk menjawab kebutuhan masyarakat.

Meningkatnya permintaan akan jasa transportasi kereta api tidak diimbangi dengan banyaknya jumlah kereta yang tersedia mengakibatkan kepadatan terjadi di stasiun terutama pada jam kerja sehingga banyak terjadi keterlambatan kereta api.

Dalam mengatasi permasalahan tersebut perusahaan kereta api banyak menambah jumlah kereta untuk mengatasi masalah tersebut dan menambah prasarana yang ada serta memperbaiki jika ada prasarana yang rusak karena itu juga salah satu penyebab keterlambatan kereta api.

Berdasarkan uraian diatas maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam dan mengemukakan dalam bentuk skipsi dengan judul: “ANALISIS JUMLAH KERETA API TERHADAP JUMLAH PENUMPANG DI STASIUN GAMBIR TAHUN 2008”

B. Perumusan Masalah

    1. Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang tersebut dapat di identifikasi masalah sebagai berikut :

      a. Masalah jumlah kereta yang beroperasi

      b. Masalah jumlah penumpang

    2. Batasan Masalah

    Berdasarkan identifiaksi masalah yang telah dijabarkan di atas, penelitian ini dibatasi pada masalah hubungan antara kereta yang beroperasi dengan jumlah penumpang di Stasiun Gambir.

    3. Pokok Permasalahan

Salah satu cara untuk mengetahui bagaimana jumlah penumpang dimasa yang akan datang maka penulis mencoba merumuskan permasalahan tersebut sebagai berikut :

      a. Bagaimanakah perkembangan jumlah kereta api yang beroperasi di stasiun Gambir?

      b. Bagaimanakah perkembangan jumlah penumpang yang diangkut di Stasiun Gambir?

    1. Apakah ada hubungan antara jumlah kereta api yang beroperasi dengan jumlah penumpang yang diangkut di stasiun Gambir?


C. Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

    Adapun tujuan penelitian yang penulis lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Untuk mengetahui besarnya jumlah kereta api yang beroperasi di stasiun Gambir?
  2. Untuk mengetahui besarnya jumlah penumpang yang diangkut di stasiun Gambir?
  3. Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara jumlah kereta api yang beroperasi dengan jumlah penumpang yang diangkut di satsiun Gambir ?

Manfaat Penelitian

    1. Bagi Peneliti

    Untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan transportasi darat pada umumnya dan permasalahan yang berkaitan dengan perkembangan jumlah penumpang di stasiun gambir tiap bulannya. Sekaligus untuk memenuhi persyaratan akademik di dalam menyelesaikan studi di bidang ilmu manajemen transpor darat pada STMT Trisakti.

    2. Bagi PT. Kereta Api

    Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan masukan dalam rangka meningkatkan kelancaran di stasiun Gambir Khususnya dalam memproyeksikan jumlah penumpang dimasa yang akan datang.

    3. Bagi Masyarakat Perguruan Tinggi

Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai informasi tambahan pengetahuan mengenai perkembangan jumlah bus di terminal Pulogadung, serta permasalahan yang mungkin terjadi.

D. Hipotesis

Dalam penelitian ini penulis menggunakan hipotesis yang diduga ada hubungan yang signifikan antara jumlah kereta api yang beroperasi dengan jumlah penumpang di stasiun Gambir.

E. Metodologi Penelitian

    1. Jenis dan Sumber data

Jenis sumber data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif adalah data tidak berbentuk angka diperoleh dari tulisan-tulisan dan data tertulis dari perusahaan. Data kuantitatif adalah data yang berbentuk angka dan skor dari jawaban angket.

Sedangkan untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh dengan cara meneliti langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data melalui wawancara, observasi. Data sekunder adalah data yang diperoleh dengan penelitian menggunakan data dokumentasi perusahaan seperti studi kepustakaan, analisis dokumentasi.

    2. Populasi dan Sampel

    Populasi merupakan jumlah objek data secara keseluruhan atau generalisasi dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh si peneliti untuk dipelajari dan diambil kesimpulannya. Adapun populasi data dalam penelitian ini adalah dengan melihat jumlah armada yang beroperasi terhadap jumlah penumpangnya tersebut.

    3. Metode Pengumpulan Data

Dalam menyusun skripsi ini data yang langsung diperoleh penulis dari perusahaan yang menjadi objek penelitian penulis mengumpulkan data dengan cara sebagai berikut :

      a. Riset Lapangan (Field Research)

      Penelitian lapangan adalah penelitian dengan cara melakukan penelitian langsung ke lapangan yang sering disebut dengan field research dengan menggunakan teknik sebagai berikut :

      1) Pengamatan secara langsung (observation)

      Teknik pengumpulan data dengan mengamati secara langsung kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan objek penelitian.


      2) Wawancara (Interview)

      Teknik pengumpulan data secara lisan kepada pihak-pihak secara langsung kepada perusahaan untuk mendapatkan data yang diperlukan.

      b. Riset Kepustakaan (Library Research)

      Penelitian yang berlangsung di perpustakaan dengan mempelajari tulisan-tulisan, makalah-makalah diktat, kuliah dan lain-lain yang berhubungan dengan objek penelitian.


4. Teknik Analisa Data

Untuk keperluan analisis data akan digunakan pendekatan-pendekatan statistik sebagai berikut :

      a. Persamaan Garis Regresi Linear :

      Untuk mencari hubungan proporsional antara variable X dan variable Y, digunakan rumus persamaan regresi linear sebagai berikut :

      (J. Supranto 2000 : 174) Y = a + bX

      Dimana :

      X =Variabel bebas (jumlah kereta api yang beroperasi)

      Y =Variabel terikat (jumlah penumpang yang diangkut)

      a = Bilangan tetap

      b = Koefisien regresi

      Untuk mencari nilai a dan b :

      b. Analisis koefisien korelasi (product moment pearson)

      Suatu metode statistik yang digunakan untuk mengetahuui kuat tidaknya derajat hubungan garis lurus linear antara dua variabel atau lebih Nilai koefisien korelasi ini paling sedikit –1 dan paling besar +1 jika dibuat persamaannya dapat dinyatakan sebagai berikut :

      -1 <>

      1) Jika r = - 1, maka hubungan kedua variabel tersebut dinyatakan sangat kuat dan negatrif.

      2)Jika r = + 1, maka hubungan kedua variabel tersebut dinyatakan sangat kuat dan positif

      3)Jika r = 0 atau mendekati 0, maka tidak ada hubungan kedua variabel atau hubungan sangat lemah.

        Rumus

      Dimana :

          r =Koefisien korelasi X dan Y

      n = å Triwulan

          X= Variabel independen (jumlah kereta api yang beroperasi)

          Y= Variabel dependen (jumlah penumpang)


Tabel 1.1

Pedoman Untuk Memberikan Interpretasi

Koefisien Korelasi

      IntervalInterpretasi
      0,00 – 0,199

      0,20 – 0,399

      0,40 – 0,599

      0,60 – 0,799

      0,80 – 1.00

      Sangat rendah

      Rendah

      Sedang

      Kuat

      Sangat kuat

Sumber : Sugiono, (2006 : 183)

      c. Koefisien Penentu (Kp)

      Analisis ini digunakan untuk menentukan besarnya kontribusi variabel X terhadap variabel Y dalam % dengan rumus yang ditulis oleh (J. Supranto, 2000 : 201).

      Kp = (r2) x 100%

      Dimana :

      Kp = Koefisien penentu

      r = Koefisien korelasi X dan Y

      d.Uji Hipotesis

      Uji hipotesis digunakan untuk menguji apakah variabel X variabel Y mempunyai hubungan yang signifikan atau tidak. Pengujian hipotesis adalah suatu prosedur yang memungkinkan untuk mengambil keputusan apakah satu hipotesis diterima atau tidak. Pengujian hipotesis dilakukan dengan cara membandingkan nilai t hitung terhadap t tabel.

      1) Untuk menghitung niai t hitung digunakan rumus sebagai berikut :

      thitung = r Ö n-2 Ö1 - r2

      Dimana:

      r = Koefisien korelasi X dan Y

      n = Jumlah sampel

      2) Untuk mendapatkan nilai ttabel digunakan tabel distribusi t pada taraf nyata a = 0,05 dan df = n – 2

      3) Hipotesis awal

          Ho : r = 0, artinya tidak ada hubungan antara X dan Y (hubungan tidak signifikan)

          Ha : r > 0, artinya ada hubungan antara X dan Y (hubungan signifikan)

      4) Kesimpulan

      Jika thitung <>tabel maka Ho diterima, artinya hubungan antara variabel X dan Y tidak signifikan.

      Jika thitung > ttabel maka Ho ditolak, artinya hubungan antara variabel X dan Y signifikan.

F. Sitematika Penulisan

Dalam penulisan skripsi ini, penulis akan membagi dalam lima bab, yaitu sebagai berikut :

BAB I : PENDAHULUAN

        Dalam bab ini dijelaskan mengenai latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, hipotesis, metodologi penelitian dan sistematika penulisan skripsi.

BAB II : LANDASAN TEORI

        Dalam bab ini dijelaskan mengenai pengertian transportasi angkutan jalan, pengoperasian armada angkutan jalan, manajemen pengoperasian bus, pengertian dan latar belakang orang atau penumpang melakukan perjalanan dan hubungan jumlah kereta api yang dioperasikan terhadap jumlah penumpang yang diangkut.

        BAB III : GAMBARAN UMUM PT. KERETA API (Persero)

        Dalam bab ini dijelaskan mengenai sejarah singkat kereta api, bentuk struktur organisasi, tugas wewenang dan tanggung jawab masing-masing lini, perkembangan kegiatan PT. Kereta api.

        BAB IV : Pada bab ini akan dilaporkan hasil analisis perkembangan jumlah bus AKDP yang beroperasi, analisis perkembangan jumlah penumpang yang diangkut dan analisis hubungan antara jumlah armada AKDP yang beroperasi terhadap jumlah penumpang yang diangkut dengan menggunakan rumus-rumus statistik yang tertera pada bab I

        BAB IV : Pada bab ini akan melaporkan kesimpulan hasil analisis dan saran-saran penulis yang mungkin bermanfaat bagi PT. KERETA API (Persero) dikemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar