Kamis, 18 Februari 2010

ANALISIS PERBANDINGAN ANTARA REALISASI DENGAN RENCANA PRODUKTIVITAS OPERASI ARMADA TAKSI PADA PT PRIMAJASA PERDANARAYA TAHUN 2009 – JUNI TAHUN 2010

Dian Rofikasari

224206052


BAB I

PENDAHULUAN


  1. A. Latar Belakang

    Dalam era globalisasi sekarang ini, transportasi merupakan salah satu alat yang sangat vital dalam membantu mempermudah mobilitas masyarakat Indonesia, terutama masyarakat di kota-kota besar di Indonesia. Semakin tingginya tingkat pertumbuhan penduduk di kota-kota besar di Indonesia akan semakin membuat masyarakat di kota-kota besar di Indonesia semakin dinamis dalam beraktivitas, dalam melakukan aktivitasnya yang begitu dinamis, masyarakat di kota-kota besar di Indonesia memerlukan alat transportasi yang dapat mempermudah kebutuhan mereka dan juga kebutuhan akan efektifitas dan kenyamanan dalam menggunakan jasa transportasi, sehingga dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari yang begitu dinamis mereka dapat melakukannya dengan efektif, efisien, nyaman dan tepat waktu.

    Namun saat ini permasalahan transportasi tersebut di kota-kota besar di Indonesia menjadi masalah yang sangat penting, tingginya tingkat kebutuhan masyarakat akan efektifitas dan kenyamanan dalam menggunakan jasa transportasi yang seharusnya dapat terpenuhi oleh jasa transportasi namun pada kenyataannya kebutuhan tersebut malah semakin sulit terpenuhi oleh jasa transportasi, salah satu penyebab permasalahan tersebut dapat terjadi adalah karena perencanaan transportasi yang kurang tepat maupun perencanaan yang sudah tepat tetapi pelaksaannya yang tidak sesuai dengan perencanaan.

    Permasalahan seperti ini hampir terjadi disemua jasa transportasi termasuk jasa transportasi door to door service seperti taksi, sistim perencanaan yang kurang tepat dan pelaksaan yang tidak sesuai dengan perencanaan menjadi penyebab masalahnya, padahal angkutan taksi dikota-kota besar di Indonesia, khususnya DKI Jakarta dan sekitarnya (Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi) menjadi jasa angkutan yang paling tepat untuk masyarakat perkotaan yang membutuhkan keamanan, kenyamanan dan ketepatan waktu. Seingga peluang inilah yang seharusnya dimaksimalisasi oleh perusahaan-perusahaan angkutan taksi dalam membuat perencanaan yang tepat dan pelaksaaan yang sesuai dengan perencanaan yang tepat.

    Manajemen perusahaan haruslah benar-benar tepat dalam membuat perencanaan sehingga kebutuhan masyarakat akan keamanan, kenyamanan dan ketepatan waktu dalam menggunakan angkutan taksi dapat terpenuhi, namun perencanaan yang tepat haruslah didukung oleh pengawasan dan evaluasi pada pelaksanaanya, sehingga ketepatan perencanaan menjadi ketepatan juga pada pelaksanaan.

    Dalam skripsi ini penulis mengambil contoh perusahaan swasta yang bergerak dibidang jasa angkutan taksi yaitu PT Primajasa Perdanaraya Perusahaan ini tidak hanya bergerak dibidang angkutan taksi saja akan tetapi mempunyai angkutan bus antar kota antar provinsi (AKAP) bus pariwisata dan busway koridor 4 dan 6.

    PT Primajasa Perdanaraya adalah salah satu perusahaan swasta yang bergerak dibidang jasa angkutan di Jakarta dan sekitarnya (Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi) berdasarkan pelaksanaan pengoperasian perusahaan jasa transportasi darat ini telah memiliki daerah pemasaran pengoperasian seperti membangun berbagai wilayah pengoperasian yang terdiri dari Bandara Soekarno- Hatta dengan sticker resmi bandara, wilayah pemukiman eksekutif diwilayah Jakarta Barat yaitu Citra Garden II, diwilayah Timur yaitu Mall Metropolitan Bekasi, Mega Mall Bekasi dan Tamini Square.

    Berdasarkan uraian tersebut diatas, maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam dan mengemukakan dalam bentuk skripsi dengan judul :

    “ANALISIS PERBANDINGAN ANTARA REALISASI DENGAN RENCANA PRODUKTIVITAS OPERASI ARMADA TAKSI PADA PT PRIMAJASA PERDANARAYA TAHUN 2009 – JUNI TAHUN 2010”.

  1. Perumusan Masalah
    1. Identifikasi masalah

      Dari latar belakang tersebut dapat diidentifikasikan masalah sebagai berikut:

    1. Proses standard operating prosedur (SOP) operasi armada taksi belum berjalan dengan baik.
    2. Tingkat realisasi produktivitas operasi armada taksi belum optimal.
    3. Tingkat rencana produktivitas operasi armada taksi belum optimal.
    4. Belum sesuai antara realisasi dengan rencana produktivitas operasi armada taksi.
    1. Batasan masalah

      Dari identifikasi masalah tersebut, masalah penelitian hanya dibatasi pada perbandingan antara realisasi dengan rencana produktivitas operasi armada taksi pada PT Primajasa Perdanaraya Tahun 2009 – Juni Tahun 2010.

    1. Rumusan masalah

      Dari batasan masalah dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:

    1. Bagaimana realisasi produktivitas operasi armada taksi pada PT Primajasa Perdanaraya Tahun 2009 - Juni Tahun 2010?
    2. Bagaimana rencana produktivitas operasi armada taksi pada PT Primajasa Perdanaraya Tahun 2009 - Juni Tahun 2010?
    3. Bagaimana perbandingan antara realisasi dengan rencana produktivitas operasi armada taksi pada PT Primajasa Perdanaraya Tahun 2009 - Juni Tahun 2010?

  1. Tujuan dan Manfaat Penelitian
    1. Tujuan Penelitian

    Adapun tujuan penelitian yang penulis lakukan adalah sebagai berikut :

    1. Untuk mengetahui bagaimana realisasi produktivitas operasi armada taksi pada PT Primajasa Perdanaraya Tahun 2009 - Juni Tahun 2010?
    2. Untuk mengetahui bagaimana rencana produktivitas operasi armada taksi pada PT Primajasa Perdanaraya Tahun 2009 - Juni Tahun 2010?
    3. Untuk mengetahui bagaimana perbandingan antara realisasi dengan rencana produktivitas operasi armada taksi pada PT Primajasa Perdanaraya Tahun 2009 - Juni Tahun 2010?
    1. Manfaat Penelitian
    1. Bagi Peneliti

      Untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan transportasi darat pada umumnya, dan permasalahan yang berkaitan dengan realisasi dan rencana produktivitas operasi armada taksi.

    1. Bagi Perusahaan

      Sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi PT Primajasa Perdanaraya dalam mengambil kebijaksanaan khususnya dalam realisasi dan rencana produktivitas operasi armada taksi agar lebih baik dan matang dimasa yang akan datang.

    1. Bagi Masyarakat

      Penelitian ini dapat dijadikan sebagai informasi tambahan pengetahuan mengenai realisasi dan rencana produktivitas operasil armada taksi yang merupakan salah satu kunci pertumbuhan bagi perkembangan perusahaan dimasa yang akan datang.

  1. Metodologi Penelitian
    1. Metode pengumpulan data
    1. Penelitian lapangan (Field Research)

      Dengan melakukan penelitian lapangan didapatkan data primer penelitian dengan mendatangi objek penelitian, yaitu PT Primajasa Perdanaraya, data tersebut diperoleh melalui:

      1. Observasi langsung, maksudnya memperoleh data dengan mengamati langsung keadaan dilapangan yang berubungan dengan bidang penelitian.
      2. Wawancara, artinya mendapatkan informasi serta data yang dibutuhkan melauli pihak-pihak yang terkait yang bersedia memberikan informasi yang dibutuhkan.
    1. Penelitian kepustakaan (Library Research)Penelitian ini bertujuan mendapatkan data sekunder dan diperoleh dari sumber-sumber bacaan

      atau literature yang berkaitan dengan bidang penelitian.

    1. Tekhnik Analisis Data

      Tekhnik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis perbandingan dengan membandingkan antara realisasi produktivitas operasi armada taksi sebagai variabel X dengan rencana produktivitas operasi armada taksi sebagai variabel Y pada PT Primajasa Perdanaraya. Analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan membandingan antara dua variabel. Analisis deskriptif dengan membandingan antara dua variabel merupakan analisis suatu data yang ditinjau dari dua hal, misalnya antara kenyataan dengan ketentuan yang ada, pengujian datanya dibandingkan dengan suatu kriteria atau standar yang sudah ditetapkan terlebih dahulu. dalam penelitian ini diaplikasikan untuk membandingkan antara realisai dengan rencana produktivitas operasi armada taksi pada PT Primajasa Perdanaraya Tahun 2009 - Juni Tahun 2010.

    1. Analisis tabel kontigensi, untuk mengetahui apakah variabel X (Realisasi Operasi) dan variabel Y (Rencana Operasi) terdapat kesesuaian atau tidak. Menurut Suharsimi Arikunto (2002:234), adalah sebagai berikut:



Tabel I. 1

      Tabel Kontigensi

      Hal-Hal yang Menjadi Tujuan atau Harapan

      dan Tingkat Keterlaksanaan

No.Hal-hal yang ditanyakanHarapan/TujuanKeterlaksanaanKeterangan
TinggiRendahTinggiRendah


Keterangan:

        1. Harapan/tujuan dikatakan tinggi apabila perusahaan sangat mengharapkan harapan/tujuan tersebut dapat terealisasi sesuai dengan rencana yang telah dibuat.
        2. Harapan/tujuan dikatakan rendah apabila perusahaan tidak terlalu mengharapkan harapan/tujuan tersebut dapat terealisasi sesuai dengan rencana yang telah dibuat.
        3. Keterlaksanaan dikatakan tinggi apabila realisasi ≥ (sama dengan atau lebih dari) rencana yang telah dibuat.
        4. Keterlaksanaan dikatakan rendah apabila realisasi < (kurang dari) rencana yang telah dibuat.

Tabel I. 2

      Tabel Kontigensi

      Kontigensi Antara Perencanaan (Harapan)

      dengan Keterlaksanaan

      Perencanaan

Sangat DiharapkanTidak Terlalu


Tinggi
(a)(b)


Rendah
(c)(d)






    Keterlaksanaan





      Keterangan:

              Sel (a) : Hal-hal yang sangat diharapkan dan terjadi dengan memuaskan.

              Sel (b) : Hal-hal yang diharapkan tetapi tidak terlalu, dapat terlaksana dengan baik.

              Sel (c) : Hal-hal yang sangat diharapkan, dapat terlaksana namun kurang memuaskan.

              Sel (d) : Hal-hal yang diharapkan meskipun tidak terlalu, dapat terlaksana namun kurang memuaskan.

  1. Sistematika Penulisan Skripsi

    Skripsi disiapkan dalam lima bab dengan sistematika sebagai berikut:

        BAB I : PENDAHULUAN

        Pendahuluan menguraikan latar belakang masalah, perumusan masalah yang meliputi batasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian serta sistematika penulisan skripsi.

        BAB II : LANDASAN TEORI

        Menguraikan teori yang berkaitan dengan judul skripsi secaraluas hingga teori yang akan digunakan untuk analisis pembahasan. Setiap bentuk rujukan dari sejumlah literature disebutkan dengan jelas sebelumnya.

        BAB III : GAMBARAN UMUM PT PRIMAJASA PERDANARAYA

        Menguraikan sejarah singkat, organisasi dan manajemen serta kegiatan usaha PT Primajasa Perdanaraya.

        BAB IV : ANALISIS DAN PEMBAHASAN

        Pada bab ini akan dilaporkan hasil analisis realisasi produktivitas operasi armada taksi, hasil analisis rencana produktivitas operasi armada taksi dan hasil analisis perbandingan atau tingkat kesesuaian antara realisasi dengan rencana produktivitas operasi armada taksi pada PT Primajasa Perdanaraya tahun 2009 - Juni tahun 2010 dengan mengunakan analisis deskriptif perbandingan antara dua variabel yang telah dibahas pada bab I.

        BAB V : PENUTUP

        Pentup terdiri dari kesimpulan dan saran. Kesimpulan diambil dari bab IV yaitu analisis dan pembahasan, sedangkan saran disesuaikan dengan solusi pada analisis dan pembahasan.

1 komentar: