Kamis, 18 Februari 2010

Perbandingan Faktor yang mempengaruhi tingkat kelancaran distribusi barang pada PT. Indonesia Exspress Transportama dan PT. Rita Intan Mandiri 2010

Deriana Fuadah
224206056


    BAB I

    PENDAHULUAN

  1. LATAR BELAKANG

Transportasi atau perangkutan adalah kegiatan perpindahan yang dilakukan oleh manusia, hewan, benda ataupun barang dari satu tempat ke tempat lain untuk menambah hasil guna atau manfaatnya.perangkutan bukanlah tujuan melainkan sarana untuk mencapai tujuan. Sementara itu, kegiatan masyarakat sehari- hari bersangkutpaut dengan produksi barang dan jasa untuk mencukupi kebutuhannya yang beraneka ragam. Karena itu manfaat perangkutan dapat pula dilihat dari segi kehidupan masyarakat yang dapat di kelompokan dalam segi ekonomi, social dan politik.

Banyak sekali moda transportasi yang biasa di gunakan oleh masyarakat guna untuk mendukung kegiatan mereka dalam bermobilisasi ( bergerak, berpindah tempat ). Pada dasarnya transportasi berfungsi sebagai alat angkut. Yang padahal pengangkutan mempunyai fungsi sebagai alat angkut.yang pada hal ini pengangkutan mempunyai fungsi sebagai faktor penunjang dan perangsang pembangunan dan pemberi jasa bagi perkembangan ekonomi.moda tersebut dapat berasal dari moda angkutan jalan,moda angkutan laut maupun moda angkatan udara.dalam angkutan dapat di sebut juga angkutan penumpang dan angkutan barang.

Dalam angkutan barang perlu mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi distribusi barang agar dalam pelaksanaannya sesuai target perusahaan dan hal itu membuat para konsumen menjadi percaya pada perusahaan ini hal ini akan berpengaruh terhadap pendapatan perusahaan.apalagi kompetisi antar perusahaan akhir – akhir ini.

Dalam hal untuk memenangkan persaingan yang semakin ketat di era global, memuaskan konsumen merupakan tujuan utama yang tidak dapat di tawar. Dalam hal ini dapat di lihat bahwa perusahan pengiriman barang sangat meperhatikan tingkat kepercayan konsumennya. Di samping itu, perusahaan berlomba-lomba memenuhi kehendak para konsumen karena memang the name of the game ( atas nama permainan) haruslah berorientasi pada customers, yaitu 3 hal pokok seperti harga, mutu, layanan ( kecepatan,kemudahan akses, dan sebagainya ).

Penulis terdorong untuk menuangkan permaslahan tersebut berdasarkan pembahasan diatas kedalam skripsi ini dengan judul Perbandingan Faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat kelancaran distribusi barang pada PT. Indonesia Exspress Transportama dan PT. Rita Intan Mandiri pada tahun 2010

  1. Perumusan Masalah
  1. Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis mengindentifikasikan permasalahan sebagai berikut :

  1. Mengidentifikasi apa yang akan di distribusikan
  2. Memahami faktor – faktor tingkat kelancaran distribusi barang
  3. Memahami strategi kualitas pengriman barang
  4. Memahami siklus pengukuran dan umpan balik dari kepercayaan pelanggan
  1. Batasan Masalah

Berdasarkan identifikasi masalah diatas, penulis membatasi permasalahan hanya pada pada peringkat faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat kelancaran distribusi barang di bagian operasional pada PT. Indonesia Exspress Transportama dan PT. Rita Intan Mandiri

  1. Pokok Permasalahan
  1. Bagaimana tingkat kelancaran distribusi pada PT.Index dan PT. RIM
  1. Faktor – faktor apa yang mempengaruhi tingkat kelancaran distribusi pada PT. Index dan PT. RIM terhadap proses pengiriman barang
  2. Perbandingan peringkat faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat kelancaran distribusi barang.
  1. Tujuan dan Manfaat
  1. Tujuan Penelitian ini adalah :
  1. Untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat kelancaran distribusi pada PT. Index dan PT. RIM
  1. Untuk megetahui tingkat kelancaran distribusi pada PT. Index dan PT. RIM
  2. Untuk mengetahui perbandingan peringkat faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat kelancaran barang pada PT. Index dan PT. RIM

  1. Manfaat Penelitian

Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :

  1. Bagi penulis, yaitu untuk mengetahui bagaimana suatu perusahaan jasa transportasi pengangkutan barang memberikan kepercayaan kepada konsumen dan cara – cara yang digunakan untuk mendapatkan kualitas distribusi.
  2. Bagi perusahaan, dapat meberikan masukan bagi perusahaan yang diharapkan dapat bermanfaat sebagai bahan pertimbangan dalam upaya perusahaan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap kepercayaan pelanggan.
  3. Bagi STMT Trisakti, dapat dijadikan bahan bacaan diperpustakaan dan menjadi referensi bagi mahasiswa yang melakukan penelitian

    dengan judul yang sama.

  1. Hipotesis

    Ho : Tidak terdapat perbedaan pendapat yang signifikan antara karyawam PT. Index Transportama dengan PT. Rita Intan Mandiri mengenai peringkat faktor faktor yang mempengaruhi tingkat kelancaran distribusi barang

    Ha : Terdapat perbedaan pendapat yang signifikan antara karyawan PT. Index Transportaman dengan PT. Rita Intan Mandiri mengenai peringkat faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat kelancaran distribusi barang.

  1. Metode Penelitian

    Dalam penulisan dan penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan sistem Metodologi sebagai berikut :

  1. Jenis dan sumber data

    Jenis data yang dipergunakan penulis adalah data kualitatif berupa jawaban dari angket atau kuesioner yang diperoleh dari pendapat karyawan PT. Index Transportama dan karyawan PT. Rita Intan Mandiri sedangkan sumber data yang penulis gunakan adalah data primer berupa angket yang penulis edarkan karyawan PT. Index Transportama dan karyawan PT. Rita Intan Mandiri, serta data sekunder berupa data pendukung yang berkaitan dengan judul baik dari perusahaan maupun dari perpustakaan.

  1. Populasi dan sampel

    Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek atau subyek yang mempunyai kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Adapun populasi data dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Index Transportama dan karyawan PT. Rita Intan Mandiri

    Sampel adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Sampel ini dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah efesiensi biaya dan efektivitas waktu. Dari total populasi karyawan PT. Index Transportama dan karyawan PT. Rita Intan Mandiri sebanyak 40 orang, lebih 40 karyawan maka sampel yang diambil adalah sebanyak 15 karyawan atau sama dengan 15 karywan yang bekerja di perusahaan tersebut

  1. Metode pengumpulan data

    Didalam memperoleh data serta keterangan-keterangan yang diperlukan dan digunakan beberapa teknik pengumpulan data. Hal ini dimaksudkan agar dapat diketahui teknik yang diperlukan dalam upaya memperoleh data. Dalam penulisan skripsi ini digunakan :

  1. Penelitian Lapangan (Field Research)
    1. Observasi

      Observasi yaitu pengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan langsung terhadap gejala-gejala yang terjadi untuk memperoleh gambaran yang jelas dari keadaan yang sebenarnya.

    1. Wawancara

      Wawancara yaitu teknik pengumpulan data melalui pertanyaan-pertanyaan lisan kepada pihak-pihak yang dianggap mengerti dan berwenang untuk memberikan penjelasan yang dibutuhkan sesuai dengan bidang yang akan diteliti yaitu kepada karyawan PT. Index Transportama dan karyawan PT. Rita Intan Mandiri.

      Kuesioner adalah teknik pengumpulan data yang menggunakan daftar pertanyaan. Yang digunakan untuk memperoleh data yang berupa lembaran yang harus diisi guna memperoleh data yang dibutuhkan. Pembagian kuesioner dilakukan dengan cara Random Sampling, kuesioner dibagikan kepada karyawan PT. Index Transportama dan karyawan PT. Rita Intan Mandiri

    1. Penelitian kepustakaan (Library Research)

      Penelitian kepustakaan dilakukan untuk memperoleh data sekunder yang dilakukan dengan cara penulis mengumpulkan data mengenai literature dan buku-buku yang berkaitan dengan objek penelitian yang sedang dibahas. Selain itu agar menjadi lebih akurat dan berkualitas, data tersebut perlu ditambah lagi dengan data dokumentasi yang berkaitan pengiriman barang

  1. Metode Analisis Data
  1. Analisis Spearman Rank

    Analisis spearman rank, merupakan analisis yang digunakan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat kelancaran distribusi barang. analisis ini, sumber data setiap variable yang dinilai tidak ( harus ) berasal dari satu kelompok. Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis spearman rank karena variabel yang di teliti berasal dari dua kelompok.

    p ( baca : rho ) = koefisien korelasi Spearman Rank;

      b = selisih rank kelompok ( variabel ) Y dan Rank kelompok ( variabel ) x yang dinilai

      n = jumlah instumen yang diberi peringkat.

      Untuk menghitung nilai bi2 akan digunakan tabel penolong dengan format sebagai berikut :

    No

    Faktor

    Karyawan

    Index

    (Xi)

    Karyawan

    RIM

    (Yi)

    Rank

    (Xi)

    Rank

    (Yi)

    bibi2
    1

    2

    3

    .

    .

    .

    n

    ∑bi2

    1. Kesimpulan Hasil uji Hipotesis
    1. Jika p hitung lebih kecil dari p tabel ( p hit <>
    1. Jika p hitting lebih besar dari p tabel ( p hit > p tab ) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan pendapat antara kelompok karyawan PT Index Transportama dan kelompok PT Rita Intan Mandiri.

  1. Sistematika Penulisan

BAB I : PENDAHULUAN

      Berisikan suatu latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, hipotesis, dan sistematika penulisan.

    BAB II : LANDASAN TEORI

      Berisikan suatu teoritis yang penulis peroleh dari sumber literature – literature (pustaka) yang meliputi pengertian kualitas pelayanan,pengertian distribusi,faktor – faktor yang mempengaruhi kelancaran distribusi.

    BAB III : GAMBARAN UMUM OBJEK PENELITIAN

      Dalam Bab ini menguraikan mengenai sejarah singkat perusahaan, visi dan misi organisasi, manajemen perusahaan, serta kegiatan usaha perusahaan.

    BAB IV : ANALISIS DAN PEMBAHASAAN

      Dalam bab ini yang dibahas adalah masalah – masalah yang diungkapkan dalam pokok masalah. Dalam hal ini masalah di analisis dengan teori dan alat analisis yang telah dipilih dan ditentukan sebelumnya.

    BAB V : PENUTUP

      Penutup merupakan bab terakhir dar penulisan skripsi yang terdiri dari kesimpulan dan saran. Kesimpulan di ambil dari Bab IV yaitu analisis dan pembahasan, sedangkan saran merupakan solusi merupakan solusi atau hasil pemecahan masalah pada analisis dan pembahasaan.

1 komentar:

  1. indikator untuk kelancaran pengiriman barang itu apa saja ya?
    thanks

    BalasHapus